11 April 2014

Juara Kita Musim Ini?



Tik, tok, tik, tok, tik, tok. Suara detik jam dinding bergema di kamar ini. Memejamkan mata selama dua jam sudah cukup bagi saya untuk kembali dihadapkan dengan cahaya kehidupan dari laptop. Menikmati Timeline Twitter berjalan pelan, dengan berita-berita sepakbola didalamnya, menjadi suatu kebahagiaan kecil pemuas diri.

Dua hari menjelang sebuah hari besar. Bukan, bukan pemilu legislatif. Anda juga belum bisa memilih Presiden pada minggu nanti, meski kita semua sudah tahu siapa pengganti ayah nobita. Minggu (13/4) bakal menjadi hari besar bagi seluruh pendukung Liverpool di dunia. The Reds siap menjamu Manchester City di Anfield.

Jujur, ketika terbangun tiap pagi sepanjang pekan ini, fokus diri sudah tertuju ke laga tersebut. Sebuah laga yang menurut beberapa pihak sama pentingnya dengan Final Istanbul 2005. Liverpool menjadi sangat berpeluang mengangkat trofi BPL jikalau berhasil menundukkan The Citizens. Pun sebaliknya dengan Man. City, yang bakal menjadi tim paling berpeluang juara jika memenangkan laga itu.

Bukan menanggalkan empat tim yang akan dihadapi setelahnya. Tetapi, kemenangan melawan The Citizens bisa membuat mental dan kepercayaan diri The Reds semakin kuat. Mereka akan semakin solid dan membuat tim lain gentar dengan kesederhanaannya. Bukan rahasia lagi bahwa Liverpool adalah tim yang paling diharapkan untuk juara oleh kaum netral. Liverpool menjelma menjadi Borussia Dortmund dan Atletico Madrid, sebagai tim yang dicintai karena filosofi permainan, maupun kinerja di luar lapangan.

Sudah terbayang di benak ini atmosfer Anfield pada hari itu. Bom asap segudang, banner-banner istimewa, chant-chant yang bergema sejak bus tim memasuki Anfield. Belum lagi bakal ada tribut khusus terkait tragedi Hillsborough pada pertandingan tersebut. Ketika fans seperti kita saja sudah harap-harap cemas bercampur antusias, bagaimana para pemain? Mereka pasti tak sabar untuk memberi penampilan istimewa untuk 96 malaikat.

Hebatnya, Brendan Rodgers adalah manajer yang mampu memberikan ketenangan kepada tim. Dia sempat berkata sangat senang dengan tekanan saat ini. Sebuah tekanan yang tak pernah dia rasakan dalam karier kepelatihan. Sebuah pressure yang malah membuat sang manajer semakin menggebu-gebu ke arah positif. Para pemain pun akhirnya tertular. Tak ada ketegangan, malah antusiasme tinggi yang terjamah saat ini. Antusiasme untuk memberikan yang terbaik minggu nanti.

Anda tentu melihat banyak kejadian menarik pekan ini. Dari foto jenaka yang di upload Daniel Sturridge, dimana dia, Raheem Sterling, Jon Flanagan, dan Jordan Henderson, bergaya masing-masing. Belum lagi ada launching jersey anyar yang unik dan lucu. Menariknya pemain sudah dapat memilah antara kepentingan di dalam dan luar lapangan. Konsentrasi mereka tak terpecah. Fokus tanpa memikirkan tekanan. Kunci Liverpool musim ini.

“This is definitely the biggest game of my career. Playing Manchester City at Anfield in a top of the table clash with both teams going for the title, it doesn’t get any bigger. I’ve got great memories of the first time I faced City. Walking out at Anfield that night was very special. I only found out I was definitely playing when Kenny Dalglish told me two hours before kick-off. There were a few nerves but as the game went on I settled and just focused on doing my job. Winning 3-0, it was a brilliant night to be part of. I’d settle for the same result on Sunday,” ungkap Jon Flanagan kepada Echo. Nada menggebu terdengar dari pernyataan tersebut.

Jujur, momen musim ini belum pernah saya rasakan sepanjang mengikuti Liverpool. Rasanya berbeda dibanding musim 2008-09. Kepercayaan dirinya berbeda. Posisinya berbeda. Kondisi tim rival pun berbeda. Tak usah membandingkan poinnya, tetapi lihat hasrat dan cara The Reds bermain musim ini yang selalu mencengangkan mata. Laiknya wanita berkacamata yang selalu menarik untuk disapa.

Tak ada yang lebih menyenangkan ketimbang melihat kelakuan para fans Liverpool belakangan. Aura positif menyebar di seluruh aspek. Entah Sosial Media atau kehidupan nyata. Sesuatu yang hilang cukup lama. Kebangkitan yang ditunggu telah tiba. Kami berharap juara, tetapi prestasi saat ini sudah cukup untuk tersenyum manja. Para pemain muda istimewa. Steven Gerrard yang kembali muda. Dua striker luar biasa yang membuat kita semua jemawa. Sungguh perasaan yang tak pernah ada sebelumnya.

Mengangkat trofi akan sangat indah pada akhirnya, tetapi kita semua telah berada dalam kebahagiaan tersendiri. Kebahagiaan mendasar bahwa The Reds sudah bangkit dari masa-masa hampa. Liverpool kini sudah mulai menarik minat fans-fans baru sepakbola. Siapa yang tak mau mendukung Liverpool yang tak perlu dana melimpah untuk bermain indah? Cukup melihat poling juara di beberapa situs olahraga Inggris seperti Mirror, maka mereka membuat prediksi bahwa Liverpool yang paling diinginkan mengangkat trofi BPL.

Bukan bermaksud egois. Tetapi, musim ini jelas musim yang sangat tepat bagi The Reds untuk bangkit. Melihat banyak tim pesaing yang masih beradaptasi dengan manajer anyar. Belum lagi rival abadi seperti Manchester United yang terpuruk. 2013-14 menjadi musim yang membahagiakan. Bayangkan euforia yang terjadi jika mimpi yang dinanti benar-benar terjadi. Bayangkan Stevie G mengangkat trofi dengan pasti.

Ketika fans Setan Merah tak terbiasa membela diri dan mencari alasan tepat karena kiprah timnya yang jeblok, sama dengan beberapa fans The Reds yang masih harap-harap cemas, dan setengah tak percaya dengan musim ini. Ketika memiliki dua striker yang telah mencetak 20 gol lebih masing-masing. Ketika banyak pemain muda berbakat yang tampil istimewa. Ketika Steven Gerrard mencapai level terbaiknya kembali dengan 13 gol dan 9 assist. Pensiunnya Jamie Carragher pun langsung tergantikan bocah lokal seperti Jon Flanagan yang tak disangka begitu impresif.

Saya belum terbiasa membela sebuah tim seperti ini. Sehingga keraguan dan pesimisme masih acap datang. Ketika Liverpool kesayangan anda berubah menjadi luar biasa, anda akan kaget dan beradaptasi ulang. Sejauh ini kalem dan enjoy adalah cara utama untuk tetap mendukung tim. Namun, keyakinan semakin besar bahwa The Reds telah kembali ke jajaran tim yang patut diperhitungkan bersama B-Rod.

Tuhan, jikalau memang ini adalah tahun kami melepas kesabaran, berikan sebuah pelepas dahaga tak terlupakan dalam bentuk penghargaan istimewa, dengan cara yang spesial, setelah melewati jalan yang terjal. Karena kami percaya, kesabaran tak ada batasnya dan di ujung kesabaran terdapat kebahagiaan yang tak terjamah perasaan.

So, Juara Kita Musim Ini?


Written By: @redzkop

22 comments:

  1. Nice topic gans :)


    @RedmenStore

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. Good Artikel,,, merinding bacanya =))


    @ryando1892

    ReplyDelete
  4. Sedih uey baca nya .. gw yakin bakal bayak air mata Di anfield

    ReplyDelete
  5. AAAAAAAHHHHHH ASTAGA!:( JUARA DI HATI GUE BANGET INI ARTIKEL ENTAHLAH GUA JUGA NGGA NGERTI KENAPA BISA SEBAGUS INI ARTIKELNYA.. BUKAN MASALAH ARTIKELNYA SIH INI MASALAH LAGI BACA TERUS NGEBAYANGINNYA AAAHH KEREN2 INI ASLI KEREN BANGET ARTIKELNYA...

    ReplyDelete
  6. merindaing bacanya, yakin kali ini juara!!

    ReplyDelete
  7. bacaan kayak gini nih yg selalu bikin air mata otomatis berlinang !!! *lebay mungkin, tp begitulah adanya*

    ReplyDelete
  8. Sungguh luar biasa sampai tanpa disadari mata ini berkaca-kaca sehingga meneteskan air dan membasahi pipi ini.. Untuk 96 malaikat di atas sana #JFT96 #YNWA

    ReplyDelete
  9. Good words. Kita boleh berharap setinggi mungkin, tapi jika harapan kita tak tercapai? Ingat, jangan pernah benci LFC.

    ReplyDelete
  10. #AntiJemawa, tapi optimis juara...


    @LFC_Squad

    ReplyDelete
  11. Kalimat ini menjadi klimaks dari doa dan harapan kita semua:
    "Karena kami percaya, kesabaran tak ada batasnya dan di ujung kesabaran terdapat kebahagiaan yang tak terjamah perasaan".

    As always, there is a golden sky lads.. golden sky.. golden badge on right an left hand...

    ReplyDelete
  12. We can make it. Just keep praying!

    ReplyDelete
  13. Walk on,walk on with hope in our heart
    We are the Champ19n..

    ReplyDelete
  14. Anything is possible for those who believe. How can we turn out our table so easily, it's hard to believe up until now. Still remember when downing and carroll almighty playing in front of the Kop every weekend. Such a terrible era. But we still believe. And now they make us dream again. #YNWA

    ReplyDelete
  15. Woooow...ampe keluar aer dari mata gw...wooooow

    ReplyDelete
  16. Juara! Optimis!

    ReplyDelete
  17. Sambil dengerin song YNWA baca artikel ini pecah gan suasana mau nangis sampe merinding campur aduk. Kata2nya bikin gw tambah semangat lg support LFC

    ReplyDelete
  18. Steven oh steven. . .youre now so close to your boyhood dream, so go reach and realise it, now or NEVER! Steven oh Steven

    ReplyDelete