18 December 2012

Jose Enrique: Left winger of Left back?!



He was crowned Liverpool’s player of the month for November and deservedly so.


“Jose, Jose, Jose... Enrique, Enrique... Liverpool’s number 3, His name is Jose Enrique”



****

Kapan terakhir kali kita berteriak “pass that fucking ball” kepada Enrique?! Improvement yang ia tunjukkan dalam beberapa games terakhir jelas secara perlahan menghilangkan cercaan para fans Liverpool kepadanya. Iya, dia adalah Jose Enrique yang sering kali bertukar posisi dengan Stewart Downing di beberapa games terakhir. Stewie playing at left back and El Toro would be playing at left wing. 

Mungkin tidak terlintas di pikiran kita (saya lebih tepatnya..) untuk memberikan porsi kepada El Toro untuk bermain di posisi left wing, dimana natural position-nya adalah seorang full back. Ialah pada tanggal 4 November 2012, ketika ia diplot untuk memainkan posisi sebagai left wing, ketika ia mengirimkan umpan jauh yang brillian kepada Suarez dan pada akhirnya Suarez (dengan kontrol bola, nutmeg bek lawan dan finishing) berhasil menceploskan bola ke gawang Krul. 

Tidak hanya berhenti di game itu saja, minggu berikutnya kita tandang ke Stamford Bridge untuk melawan “dirty blue cunts”. Lawan Chelsea, Brendan Rodgers memakai formasi 3-5-2 dimana Glen Johnson diplot sebagai right wing dan Jose Enrique sebagai left wing.. Catatan di game tersebut, ia memiliki 79% passing accuracy, 7 tackles dan ia melakukan passes terbanyak di musim ini. (saya belum nemu stats berapa passes-nya). He’s been holding onto the ball a little better than usually he is.


 
(Sumber: www.eplindex.com)
The New bromance: Jose Enrique played and linked up very well with Luis Suarez.

 
Dari statistik yang saya ambil dari FourFourTwo diatas, hal tersebut menjelaskan bahwa terjalin kerjasama yang cukup baik antara Jose Enrique (left wing) dan Luis Suarez di game v Chelsea. Jose made 10 successful passes to Luis Suarez dan Suarez membuat 6 successful passes kepada Jose Enrique. Against Wigan at Anfield was his best performance IMO. 4 chances created, 2 clear cut chances (in total, he has created 6 clear cut chances), 1 goal rebound dari tembakan Raheem Sterling dan membukukan 1 assist fantastis saat ia membantu serangan dengan melewati beberapa pemain Wigan sebelum akhirnya ia  mengirimkan bola kepada Suarez dan dapat diselesaikan dengan baik oleh striker kontroversial asal Uruguay tersebut.

****

Okelah, kemudian bagaimana dengan statistik kreativitas yang ditawarkan oleh Jose Enrique kepada kita?! Mari kita telaah lebih dalam mengenai tabel statistik di bawah ini.

(Sumber: www.eplindex.com)

16 chances created (termasuk goal dan assists), 13 chances created from open play and he has created 6 clear cut chances, that’s mental. Statistik yang menawan dari seorang left back yang terkadang switch position ke left wing. Hanya Juan Mata dan Anthony Pilkington yang memiliki clear cut chances yang (both have created 7 clear cut chances) melebihi Jose Enrique. Opta juga mencatat bahwa dengan statistik kreativitas yang saya ambil dari www.eplindex.com diatas, Jose Enrique sejauh ini berada di posisi ke-5 di ‘Top Creativity EPL Player 12/13’
****
Poin yang saya ambil disini yaitu: Jose has been great at winning the ball back. Seorang full back yang perkembangan movement-nya menjadi semakin baik, baik dalam aerial duel, pemain yang mampu menciptakan peluang bagi teammate-nya, mampu menusuk ke tengah pertahanan lawan. Dan hal pentingnya, sekarang saya jarang mendengar orang berteriak: “Pass the ball, Jose”.

Pertanyaan saya yaitu: Does he need to swap position into left-wing or should he stand in the position of left back? Send your thoughts below.

-YNWA-
@IndoLiverpoolfc
 

2 comments:

  1. Cocoknya Left Wing, dia punya postur dan stamina bagus buat naik turun

    ReplyDelete
  2. Enrique emang tampil menggila sebagai left-wing dalam beberapa pertandingan. Tapi beberapa kali dia bilang sendiri bahwa dia lebih nyaman main di left-back. So it goes without saying, that he prefers the left-back position. Gw rasa, dia tampil bagus di left-wing lebih karena LFC ngga punya pemain spesialis di situ. Adanya Downing doang, yang emang ga bagus sama sekali.

    ReplyDelete